Kamis, 12 Juni 2008

"Surabaya Full Music" Refleksi Kebangkitan

Surabaya, 12/6 (ANTARA) - Ajang "Surabaya Full Music" (SFM) 2008 yang digelar Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) kali ini, berupaya merefleksikan semangat 100 tahun kebangkitan nasional yang digelar 18 hingga 22 Juni.
"Karena itu, kami menampilkan berbagai kekayaan musik dari berbagai daerah di Indonesia dalam even ini. Temanya adalah, 'Nyanyian Nusa Raya'," kata Kepala TBJT, Drs Pribadi Agus Santoso MM di Surabaya, Kamis.
Menurut dia, walaupun nyanyian yang ditampilkan berasal dari berbagai daerah yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, namun semuanya tetap dalam naungan Indonesia Raya.
Ia menjelaskan bahwa beberapa penyaji siap tampil, yakni kelompok musik Casper (Yogyakarta), Topa (Kaltim), Wedang Jahe (Surabaya) yang dimotori Aris dengan Enthus (Lampung), Aliansi Seni Surabaya dengan komposer Solichin Jabbar dan Nasir Umar dari Sulteng.
Kelompok lainnya adalah, Air Music (Malang), Riau Rythem Chamber Music (Riau), kolaborasi angklung dari Singapura serta Fieldplayer suguhan negeri jiran Malaysia bersama Rahaizat Hassan sebagai komposer.
"Selain itu, SFM juga menampilkan karya musik Yayasan Lanjong dari Kaltim, sejumlah taman budaya, seperti Kaltim, Maluku dan Kalsel. Jazzer Surabaya juga tampil dalam ajang tahunan itu bersama grup pelajar dan musik jalanan," katanya menambahkan.
Ia menjelaskan, kali ini semua jenis musik ditampilkan, mulai dari jazz, pop, keroncong, tradisi maupun musik eksperimen. Ada sekitar 25 kelompok yang akan ditampilkan di TBJT, Jl. Gentengkali 85, Surabaya itu.
Agus menuturkan, diselenggarakannya SFM 2008, selain memberikan hiburan juga bisa dijadikan ajang aktualisasi gagasan musik terkini serta menjadi ruang dialog dan apreasisi antara kreator, penikmat seni dan kritikus.
Selain menampilkan musik, kegiatan itu juga diisi dengan diskusi menghadirkan narasumber Gilang Ramadhan (Jakarta) dengan moderator Agus Bing. SFM juga diramaikan dengan "workshop" musik yang dipandu oleh I Wayan Sadra dari Solo.***1***/***2***
(T.M026/B/C004/C004) 12-06-2008 13:13:21

Tidak ada komentar: