Senin, 02 Juni 2008

Puluhan Karya Seni Rupa Mahasiswa Jatim dipamerkan

Surabaya, 30/5 (ANTARA) - Puluhan karya mahasiswa se Jawa Timur yang terdiri atas lukisan, fotografi dan komik dipamerkan dalam rangkaian Festival Seni Mahasiswa Jatim di Mustafa Center, Royal Plasa, Surabaya mulai 30 Mei hingga 1 Juni 2008.
Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Timur, Drs Heri Saptono, MSi kepada ANTARA di Surabaya, Jumat mengemukakan, karya-karya itu telah diseleksi yang terbaik untuk masing-masing bidang seni.
"Lukisan itu sebetulnya ada 27 karya, namun yang dipamerkan 10 karya, fotografi ada 77 karya yang dimaperkan 15 terbaik untuk warna dan tujuh untuk hitam putih dan komik ada 28 karya yang ditampilkan hanya 10 terbaik," ujarnya.
Selain itu pameran tersebut juga akan dimeriahkan dengan penampilan 10 karya film pendek terbaik karya mahasiswa. Ada 17 judul film yang masuk dalam festival itu dengan tema menampilkan kondisi masyarakat yang terpinggirkan.
"Secara umum, dari sisi kuantitas jumlah karya yang masuk tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga memberikan peluang kepada panitia untuk memilih karya terbaik untuk dikirimkan ke Pekan Seni Mahasiswa Nasional di Jambi," ujarnya.
Ia mengemukakan bahwa untuk film pendek ini sebetulnya panitia bisa memilih 10 karya terbaik, namun kuota untuk Pekan Seni Mahasiswa Nasional hanya satu judul, demikian juga untuk karya komik dan seni rupa lainnya.
Ia mengemukakan bahwa BPSMI menggelar festival itu untuk mengembangkan bakat dan minat seni budaya mahasiswa Jatim. Festival itu telah digelar di Universitas Negeri Malang (UM) sejak 26 Mei lalu, sementara untuk bidang seni tertentu digelar di Surabaya.
Selain seni rupa, sejumlah bidang seni dipertandingkan dalam festival itu, seperti, tarik suara, seni desain, membaca puisi, monolog dan tari. (T.M026/B/B007/B007) 30-05-2008 08:39:02

Tidak ada komentar: