Senin, 02 Juni 2008

Ahli Sastra Jawa Australia Kunjungi Jatim

Surabaya, 30/5 (ANTARA) - Ahli bahasa dan sastra Jawa asal Australia, Prof George Quinn, PhD berkunjung ke Jawa Timur untuk berdiskusi dengan sastrawan mengenai perkembangan sastra Jawa.
"Profesor Quinn akan datang ke rumah saya Minggu, 1 Juni dan setelah itu beliau kabarnya akan ke Kediri. Beliau ingin melihat karya-karya terbaru saya," kata penulis sastra Jawa, Suparto Brata kepada ANTARA di Surabaya, Jumat.
Sementara Ketua Peguyuban Pengarang Sastra Jawa Surabaya (PPSJS), Bonari Nabonenar mengemukakan, dalam kunjungannya ke Jawa Timur, Quinn juga akan bertemu dengan para pegiat sastra Jawa di Balai Bahasa Surabaya, Senin (2/6) malam.
"Beliau akan banyak menggali perkembangan sastra Jawa dari teman-teman. Teman-teman dari luar Surabaya, seperti Bojonegoro banyak yang berminat untuk hadir dalam kegiatan urun rembuk ini," katanya.
Selain menggali perkembangan sastra Jawa, dosen "Australian National University" (ANU) yang lahir tahun 1943 di Selandia Baru itu juga akan berbagi ilmu dengan para sastrawan Jawa di Jatim.
"Intinya kami akan sharing atau saling berbagi. Beliau itu awalnya mengirim surat secara pribadi-pribadi untuk bertemu. Agar lebih efektif, maka saya carikan lokasi untuk bertemu bersama," katanya.
George Quinn merupakan dosen senior di Australian National University di Canberra. Selain menggeluti sastra dan budaya Jawa, ia juga meneliti tentang perkembangan agama Katolik Roma di Timor Timur.
George Quinn terkenal dengan penelitiannya mengenai novel dalam bahasa Jawa dan diterbitkan dengan judul "The Novel in Javanese" tahun 1992 dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul "Novel Berbahasa Jawa" tahun 1995. (T.M026/B/B007/B007) 30-05-2008 08:59:51

Tidak ada komentar: