Selasa, 27 Mei 2008

Jabo - Kartolo Buka FSS 2008

Surabaya, 2/5 (ANTARA) - Kolaborasi antara Sawong Jabo, Kartolo dan kelompok "Jangan Asem" akan membuka pelaksanaan Festival Seni Surabaya (FSS) 2008 yang dipusatkan di komplek Balai Pemuda mulai 1 hingga 15 Juni mendatang.
"Ini merupakan perpaduan antara musik kontemporer yang diwakili Jabo, musik tradisi yang diwakili Cak Kartolo dan musik anak muda dari Jangan Asem Surabaya," kata Ketua Umum FSS 2008, Riadi Ngasiran kepada ANTARA di Surabaya, Jumat.
Ia mengemukakan, secara teknis pementasan tiga generasi dan aliran musik itu awalnya tampil sendiri-sendiri kemudian akan bermain dalam konsep musik bersama. Jabo, Kartolo dan kelompok Jangan Asem saat ini sudah melakukan komunikasi intensif.
"Cuma bagaimana bentuk musik yang akan dimainkan bersama itu belum bisa kami sampaikan sekarang. Apalagi mereka pasti akan melakukan berbagai improvisasi yang penampilannya pasti menarik untuk disimak bersama," kata pengamat seni rupa itu.
Menurut dia, kolaborasi itu merupakan ajang "kangen-kangenan" (pelepas rindu) dari ketiga generasi dan kelompok itu karena mereka adalah musisi yang tumbuh dan besar di Kota Surabaya, sementara Jabo saat ini banyak tinggal di Australia.
Ia mengemukakan bahwa saat ini para penyaji yang akan tampil dalam festival untuk memeriahkan HUT ke-715 Kota Surabaya itu sudah siap semua dengan komposisi lebih dari 50 persen berasal dari Jawa Timur dan selebihnya dari berbagai daerah di Indonesia.
Sebelumnya, penampilan kelompok gamelan pimpinan kartunis, GM Sudarta telah mengawali peluncuran program FSS 2008 di Gedung Cak Durasim, Surabaya, 6 Maret lalu. GM Sudarta tampil dengan kelompok gamelannya bernama "Wiridan Paguyuban Seni Laras Madyo Al-Muqorrobin". ***2*** (T.M026/B/B007/B007)

Tidak ada komentar: